//
you're reading...
ARTIKEL

Manfaat Sunat

Sunat bermanfaat, siapa takut?

Infeksi pada ginjal, kantung kemih, dan uretra 10 kali lebih sering terjadi pada anak lelaki yang tidak dikhitan dibanding dengan pada anak lelaki yang dikhitan.
Para ilmuwan tersebut menemukan bahwa khitan memberikan perlindungan yang menyeluruh, kata ketua penulis hasil penelitian, Brian Morris, professor di bidang kesehatan molekuler di university of Sidney. Meskipun ada yang masih diperdebatkan dalam terminologi kesehatan publik.Seperti dikutip Reuters, 7 Desember 2012, Menurut hasil temuan ilmuwan dari Sydney Medical School University of Sidney, pria yang tidak dikhitan memiliki masalah-masalah tesebut hingga 4 kali dengan infeksi saluran kencing yang pada umumnya terjadi di tahun pertama kehidupan seorang bayi lelaki. Namun sebanyak apa dan dengan cara seperti apa hal tersebut mempengaruhi hingga dewasa, masih belum jelas.
Morris dan timnya meneliti 22 hasil penelitian yang dipublikasikan antara tahun 1987-2012 melibatkan 407.902 pria di seluruh dunia, seperempat dari mereka tidak dikhitan. Berdasarkan penemuan tersebut, para ilmuwan memperkirakan bahwa dokter bisa mencegah satu kali terjadinya infeksi saluran kencing pada setiap empat khitan.
Menurut Morris, semakin muda usia anak-anak, semakin serius masalah infeksi saluran kencing , seperti dipublikasikan di journal of Urology. Efek samping infeksi saluran air kencing adalah batu ginjal, demam, nyeri, dan infeksi darah.
Pada Agustus silam, untuk pertama kalinya, American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa khitan mempunyai manfaat kesehatan yang lebih besar ketimbang resikonya. Namun keputusan untuk melakukan itu tetap di tangan orang tua.
Morris menambahkan, penelitian ini mengirimkan sebuah sinyal yang kuat untuk dilakukannya advokasi atas khitan sebagai intervensi kesehatan publik dalam menurunkan berbagai resiko penyakit. Apalagi banyak kasus-kasus tersebut sangat serius dengan kondisinya berlangsung seumur hidup.

Menilik dari hasil penelitian dan survey di daerah endemik HIV, WHO (World Health Organization)  juga mempertimbangkan sunat/circumcision sebagai salah satu program mereduksi infeksi HIV.

Secara umum manfaat sunat di antaranya adalah:

  • Menjaga kebersihan alat vital
  • Sebagai alternatif pengobatan phimosis (penyempitan kulup) dan posthitis (radang kulup)
  • Mengurangi infeksi alat vital

(diambil dari berbagai sumber)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3 other followers

%d bloggers like this: