//
you're reading...
ARTIKEL

Pengaruh Sunat terhadap Seksualitas

Meskipun sunat masih sering dianggap sebagai bagian dari tradisi keyakinan tertentu tetapi tradisi itu bukan sekedar tradisi. Manfaat dari sunat bagi kesehatan sudah mulai terbuka dan terbukti dari penelitian-penelitian medis. Kontra yang ada lebih pada ketakutan dan keengganan proses “operasinya”.  Kemungkinan dan ketakutan akan rasa sakit serta resiko kegagalan lebih menghantui secara subyektif daripada fakta kesehatan dan keberhasilan di hampir semua proses “operasi” sunat. Operasi sunat sendiri jauh lebih aman daripada operasi organ dalam apalagi operasi plastik yang mungkin seharusnya tidak perlu dilakukan. Selain itu, rasa sakit proses sunat  jauh lebih ringan daripada mungkin proses tattoo yang memang tidak ada kejelasan manfaatnya dari segi kesehatan. Ditambah lagi dengan kemajuan dunia medis yang makin mempermudah proses sunat dan semakin rendah resiko. Akan agak lucu seandainya kita berani menyakiti diri sendiri bahkan mungkin membuat cacat tubuh hanya untuk mendapatkan kebutuhan estetika yang kita inginkan tanpa ada manfaatnya bagi kesehatan sementara justru merasa ketakutan berlebih pada proses sunat yang penggunaan peralatan modern yang hygienis dapat meminimalisasi rasa sakit serta resikonya.

Dan tahukah Anda jika perempuan  pun sudah mulai terbuka akan manfaat sunat ini sehingga mereka yang melihat manfaat kebersihan serta kesehatan akan lebih menyukai pria yang disunat. Rasa aman itu akan memberikan kenyamanan sehingga menunjang aktivitas hubungan intim.

Menurut Dr Patti Britton, PhD, direktur Sexuality Certificate Track di Chicago School of Professional Psychology/Westwood, bercinta dengan pria yang disunat memberikan keuntungan khusus bagi Anda maupun pasangan Anda. Pertama, si dia tak perlu repot lagi membersihkan kulit penutup bagian kepala genital (preputium, atau lebih dikenal dengan sebutan kulup). Kepraktisan ini tak dimiliki oleh pria yang tidak disunat, karena ia butuh upaya ekstra untuk menarik kulit tersebut dan membersihkan bagian yang tertutup sebelumnya.

Membersihkan area yang tertutup kulup memang diperlukan untuk menghindari aroma tak sedap atau pengaruh yang lebih serius dari penumpukan bahan yang dikeluarkan oleh kelenjar (smegma). Dengan sendirinya, lebih sedikit bakteri atau kuman yang bisa berpindah ke tubuh Anda dan memengaruhi kesehatan Anda.

Kedua, sebagian perempuan memilih pria yang sudah disunat karena penetrasi yang terjadi akan mengurangi gesekan yang kurang nyaman pada saat aktivitas hubungan  intim. Begitu terjadi penetrasi, bagian  yang sudah disunat lebih mudah masuk dan keluar untuk menciptakan rasa nyaman untuk Anda maupun pasangan Anda.

Sedangkan bila Anda memiliki pasangan yang belum disunat, aktivitas hubungan intim yang lebih aman harus lebih diperhatikan. Pria dengan kepala genital yang masih tertutup kulup kadang-kadang mengalami kesulitan menemukan kondom yang pas, atau memastikan kondom tetap terpasang selama hubungan intim. Hal tersebut bisa menciptakan kekhawatiran tersendiri bagi perempuan, dan dengan sendirinya mengacaukan aktivitas hubungan intim tersebut.

Area genital pria yang belum disunat juga memiliki aroma atau rasa yang berbeda. Aroma di area genital memang normal, tetapi jika terlalu kuat, kemungkinan besar itu karena kurang terjaga kebersihannya. Higienitas yang kurang juga bisa menyebabkan infeksi di bawah kulup, yang gejalanya bisa berupa iritasi, kemerahan, aroma tak sedap, dan gejala tak normal lainnya.

Akan tetapi, jika Anda selalu menjaga kebersihan organ vital setidaknya akan mengurangi ketidaknyamanan terkait pada kebersihan dan kesehatan. Demi kesehatan alangkah baiknya pria melakukan sunat yang banyak menguntungkan tersebut.

———————–

*diambil dari berbagai sumber

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3 other followers

%d bloggers like this: